Apakah Minum Susu Organik Lebih Sehat Ketimbang Susu biasa?

Bookmark and Share
Ada begitu banyak pilihan susu yang tersedia saat ini, mulai dari susu rendah lemak, susu bebas lemak, susu bebas laktosa, dan, tentu saja, susu organik. Mungkin saja anda mengatakan susu organik lebih baik, tetapi harganya bisa dua kali lipat dari susu biasa. Dengan perbedaan harga, sangat wajar untuk mempertanyakan apakah susu organik lebih sehat atau sama saja manfaatnya dengan susu biasa.

Sebuah artikel diterbitkan dalam Journal of Dairy Science, membandingkan nilai gizi antara susu organik dengan susu konvensional. Hasilnya, keduanya jenis susu memiliki nilai gizi yang sama, dengan pengecualian bahwa susu organik memiliki asam lemak yang sedikit lebih banyak daripada susu konvensional, namun jumlahnya tidak terlalu signifikan.
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa susu organik mengandung jumlah rantai pendek asam lemak omega-3 lebih besar dari susu standar, walaupun mengandung asam lemak lebih banyak daripada susu standar, hal ini tidak serta merta membuat susu organik lebih menyehatkan daripada susu standar. Sumber terbaik rantai panjang omega-3 terdapat dalam lemak ikan. 

Mengapa orang minum susu organik? Salah satu alasan orang suka minum susu organik adalah untuk mengurangi pengaruh hormon pertumbuhan sapi (bovine growth hormone atau BGH) terhadap tubuh. Susu yang diberi label organik berasal dari sapi yang tidak diberi hormon pertumbuhan, Hormon pertumbuhan diberikan kepada sapi untuk meningkatkan produksi susu. Hormon pertumbuhan sapi yang masuk ke tubuh manusia bisa saja diubah dalam tubuh menjadi hormon yang disebut IGF-1, dimana para ahli percaya hormon ini meningkatkan resiko beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Beberapa ahli berpendapat bahwa, jikapun hormon pertumbuhan masuk kedalam tubuh, jumlahnya sangat sedikit, itupun jika ada yang masuk, tetapi apakah kita mau mengambil resiko.

susu organik juga berasal dari sapi yang belum pernah diobati dengan antibiotik dan sapi harus makan makanan bebas pestisida. Bagaimana denga susu konvensional atau susu non organik? Industri Susu mengatakan bahwa mereka secara rutin melakukan uji pada susu untuk mengetahui apakah ada kandungan antibiotik dalam susu sebelum merilisnya kepada publik dan memusnahkan susu bila mengandung antibiotik, sehingga tidak pernah beredar di masyarakat.

Intinya, Minum susu organik tidak menawarkan keuntungan gizi yang signifikan, tetapi bisa mengurangi pengaruh BGH, yaitu hormon yang terkait dengan kanker. Jika anda tidak keberatan membayar sedikit lebih mahal, susu organik masih merupakan pilihan yang lebih baik.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar