Empat Penyebab Paling Umum Mulut Kering

Bookmark and Share
Bibir kering, atau dalam istilah medisnya xerostomia, adalah kondisi umum yang sering diderita orang. Bibir kering tidak hanya membuat kita sulit menelan dan berbicara, juga meningkatkan risiko rongga gigi dan penyakit gusi, mulut kering juga merupakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri. apa yang menyebabkan masalah ini? Berikut ini adalah empat penyebab paling umum mulut kering.
  • Karena Obat-obatan. Obat-obatan merupakan penyebab paling umum xerostomia. Daftar obat yang dapat menyebabkan mulut kering sangat banyak, namun penyebab paling umum adalah antidepresan, antihistamin, dan obat tekanan darah dan jantung. Xerostomia dapat menjadi masalah bagi orang yang memakai banyak obat. Untungnya, mulut kering dapat disembuhkan setelah penggunaan obat-obatan tersebut dihentikan.
  • Karena Pengaruh Gaya Hidup. Gaya Hidup dan kebiasaan dapat menyebabkan masalah mulut kering. Orang-orang yang tidak minum cukup air atau kebiasaan bernapas lewat mulut dapat mengakibatkan mulut kering. Orang yang sering berolahraga terutama diluar ruangan saat hari panas, harus minum air lebih sering untuk menjaga selaput lendir terjaga kelembabannya. Anda juga harus menghindari alkohol dan minuman yang mengandung kafein, karena hanya akan membuat mulut anda lebih kering.
  • Karena Penyakit Kelenjar liur. Sindrom Sjorgen adalah sebuah penyakit yang tidak hanya menyebabkan mulut kering, tapi juga membuat mata kering. Karena penyakit ini merupakan penyakit autoimun, orang-orang yang mengalami penyakit ini, mungkin saja mengalami gejala lain seperti kelelahan dan hilangnya energi.
  • Karena Terlalu Gelisah. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana mulut anda menjadi kering ketika anda takut atau cemas? Ketika seseorang cemas, Tubuh melepaskan hormon, dan akhirnya membuat mulut kering. Orang yang terlalu cemas juga lebih cenderung bernapas lewat mulut yang dapat membuat mulut kering.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar