Teh Hijau Dapat Melawan HIV

Bookmark and Share
Teh hijau telah lama ditemukan sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi sekarang peneliti mengatakan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat membantu dalam melawan HIV.
Sebuah penelitian gabungan Inggris-Amerika telah menemukan bahwa senyawa bernama epigallocatechin gallate (EGCG) menghambat HIV untuk menyerang sel sistem kekebalan tubuh dengan cara melindunginya.
Ketika molekul EGCG melekat pada sel-sel sistem kekebalan tubuh, maka tidak ada ruang bagi HIV untuk mendapatkan pegangan pada sel darah putih seperti biasanya.
Tetapi para peneliti memperingatkan investigasi mereka dalam tahap awal. "Penelitian kami menunjukkan bahwa minum teh hijau bisa mengurangi risiko terinfeksi HIV, dan juga dapat memperlambat penyebaran HIV. Tetapi hal ini tidak menyembuhkan, dan juga bukan cara yang aman untuk menghindari infeksi, tetapi kami sarankan agar harus digunakan dalam kombinasi obat-obatan konvensional untuk meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang terinfeksi. Penelitian pada masa depan  juga sedang berlangsung untuk menentukan seberapa banyak efek yang bisa diharapkan dari jumlah teh yang berbeda", kata peneliti Profesor Mike Williamson, dari University of Sheffield.
"Pengujian pada hewan akan diperlukan sebelum menarik kesimpulan yang aman terhadap potensi efek perlindungan dari minum teh hijau", kata Keith Alcorn, editor senior dari layanan web Aidsmap. "Penelitian ini hanya melihat pada kemampuan sebuah kimia di teh hijau untuk menghambat HIV menyerang sel kekebalan CD4 manusia dalam tabung uji. Banyak bahan yang dapat mencegah infeksi HIV dalam tabung tes, ternyata memiliki efek sedikit atau tidak ada dalam kehidupan nyata, jadi saya pikir ada cara panjang sebelum orang harus bergantung pada teh hijau untuk terlindung dari infeksi HIV. "
"Kondom tetap dapat menahan infeksi HIV. Segala sesuatu yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat bermanfaat bagi penderita HIV, tetapi teh hijau tidak bisa menjadi pengganti obat yang tepat dan  menjadi teknik pencegahan", kata Lisa Power, kepala kebijakan di HIV charity, Terrence Higgins Trust.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar