Khasiat dan Kandungan Gizi Daun Singkong

Bookmark and Share
Manfaat dan kandungan Gizi Daun Singkong / Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di Brasil dan Paraguay. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua kultivar M. esculenta dapat dibudidayakan.


Khasiat dan Kandungan Gizi Daun Singkong
Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.

Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil.

Singkong ini nama latinnya adalah Manihot Esculenta. Merupakan tanaman rakyat yang sangat digemmari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Dia berasal dari Amerika tropis dan biasanya ditanam di pekarangan rumah, tanggul maupun sawah. Mengembangbiakkannya juga sangat mudah, bisa dengan stek dari batang singkong yang tua.

Pada zaman dulu, singkong adalah makanan pokok masyarakat juno sebelum ditemukannya budidaya beras, jagung maupun gandum. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa khas, namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat lezat.

Begitu banyaknya manfaat daun singkong ini bagi tubuh kita, ayo baiknya mengkonsumsi daun singkong, apalagi harganya yang terbilang ekonomis dan terjangkau bahkan bisa ditanam sendiri di depan pekarang rumah Sudah bukan rashasia lagi kalau sayuran merupakan sumber gizi termasuk daun singkong ini.
Kandungan proteinnya yang tinggi yang bisa disetarakan dengan karbohidrat.

Kandungan Daun Singkong


Mungkin untuk mereka yang tidak suka akan sayuran, daun singkong ini rasanya pahit dan tidak enak. Namun taukah anda bahwa ada banyak sekali nutrisi penting yang terkandung di dalam  daun singkong?  Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita.


Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

Nahh.. untuk lebih jelasnya mari kita lihat kandungan apa saja yang terkandung pada daun singkong. Pada daun singkong terdapat beberapa nutrisi seperti :

•    Vitamin (A, B17, dan C)
•    Kalsium
•    Kalori
•    Fosfor
•    Protein
•    Lemak
•    Hidrat arang
•    Zat besi

Manfaat Daun Singkong Lainnya


Karena kandungannya yang cukup lengkap nilai nutrisinya, tidak bisa disangkat bahwa manfaat daun singkong sangat besar. Kesehatan kita bisa ditunjang dengan asupan makanan yang penuh gizi seperti halnya daun ini. Selain kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga cocok sekali jika dijadikan salah satu menu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Untuk mereka yang merasa susah buang air besar, daun singkong ini sanggup mengatasi sembeli serta melancarkan sistem pencernaan tubuh kita karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Selain dijadikan sebagai sebuah makanan yang sehat, daun singkong ini juga berkhasiat untuk dijadikan berbagai obat herbal yang bisa langsung kita minum dari air perasannya. Caranya pun juga amat mudah, cukup dengan merebus daun singkong ini dan kita ambil airnya untuk dicampurkan dengan air kapur sirih ataupun jahe. Ramuan ini secara tradisional dipercaya mampu untuk mengatasi masalah sakit kepala, gejala rematik, penyakit flu, luka bernanah, diare, dan juga mempertahankan stamina tubuh kita.

Mengobati Mata Kering

Ambillah beberapa lembar daun singkong yang masih segar.
Tumbuk halus daun singkong tersebut.
Setelah itu, tumbukan daun singkong yang sudah kita tumbuk halus tersebut kita
Kompreskan kebagian kepala kita yang sakit.

Obat Rematik

Ambil daun singkong yang masih segar kurang lebih 5 lembar, jahe merah 15 gram, dan kapur sirih secukupnya, haluskan, dengan cara ditumbuk atau di blender.
Bahan-bahan tersebut yang sudah kita haluskan tersebut kita campur dengan sedikit air dan aduk sampai rata, setelah itu oleskan pada bagian yang sakit.

Mengobati Diare

Ambil singkong yang masih segar secukupnya
Rebus daun singkong tersebut dia air kira-kira 900cc.
Rebus sampai airnya berkurang menjadi setengah,Saring ambil airnya.
Buat menjadi dua bagian, dan minum dua kali sehari, pagi dan malam.

Cara Pengolahan Daun Singkong Untuk Obat Herbal


1. Khasiat daun singkong untuk obat sakit kepala
•    Siapkan beberapa lembar daun singkong atau pucuk ubi yang masih segar
•    Cuci sampai bersih daun singkong yang sudah kita siapkan tersebut
•    Haluskan daun singkong yang sudah kita siapkan tersebut, dengan cara ditumbuk
•    Kompres atau tempelkan kebagian kepala kita yang sedang sakit
•    Lakukan pengobatan tersebut setiap hari selama rasa sakit kepala masih belum sembuh

2. Khasiat daun singkong untuk obat rematik
•    Siapkan daun singkong yang masih segar kurang lebih 5 lembar
•    Jahe merah 15 gram
•    Kapur sirih secukupnya
•    Haluskan kesemua ramuan tersebut dengan cara ditumbuk ataupun diblender, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit air
•    Oleskan ramuan tersebut kebagian tubuh kita yang sakit terkena rematik tersebut

3. Khasiat daun singkong untuk obat diare
•    Siapkan seikat daun singkong yang masih
•    Cuci sampai bersih daun singkong tersebut
•    Rebus daun singkong tersebut diair dengan air 900cc, sampai airnya berkurang menjadi 450cc
•    Saring ambil airnya
•    Bagi air ramuan tersebut menjadi dua bagian dan minum dua kali sehari pagi dan malam

Demikian info lengkap tentang manfaat, khasiat, kandungan gizi daun singkong  dan juga cara pengolahannya sehingga bisa dimanfaatkan sebgai obat. Bagi sobat yang doyan eh suka daun singkong bisa terus mengkonsumsinya karena ternyata banyak sekali manfaatnya. Tetapi jangan juga berlebihan, karena yang berlebihan pati tidak baik.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar