Sakit Maag yang Diakibatkan Kuman Lambung Bisa Picu Kanker

Bookmark and Share
Sakit maag sering mengganggu aktifitas kita dengan rasa perih di ulu hati yang menyebalkan. Bila sakit maag sering kambuh. Ada kemungkinan sakit maag itu disebabkan oleh infeksi lambung yang penyebabnya bakterik helicobacter pylori.
Infeksi akibat bakteri ini cukup berbahaya. Sebab, seseorang beresiko mengalami kanker lambung, tukak lambung,  ataupun kanker getah bening. Istimewanya, bakteri ini dapat bertahan di asam tinggi hingga pH2. Padahal, dengan keasaman itu jarang makhluk hidup bertahan.
Bakteri ini menyerang hampir 50 persen populasi di dunia tanpa memandang usia. Mulai bayi hingga anak-anak. Saat bersarang di perut, bakteri ini  tidak langsung menimbulkan penyakit. Infeksi bisa muncul bergantung pada kondisi dan jenis bakteri itu. Gaya hidup merokok sangat berpengaruh dalam mempercepat infeksi.
Selain itu, faktor genetik juga berpengaruh. Orang dengan jenis darah tertentu sangat mudah mengalami infeksi ketika bakteri bersarang. Hal ini dikarenakan, antigen jenis darah orang tersebut sangat cocok dengan bakteri. Sehingga, jika terinfeksi langsung kronis dan merusak.
Bakteri ini bersarang pada tempat-tempat yang kotor. Selain itu, penyebaraannya melali ludah atau muntahan. Mereka yang serumah dengan penderita kanker lambung berpotensi besar mengalami infeksi ini.
Untuk mengatasi infeksi ini, diperlukan antibiotik dosis tinggi. Seandainya masih dini, kemungkinan menghentikan perkembangan bakteri sangat besar. Berdasarkan data, hanya dua persen dari pasien yang kambuh lagi setelah perawatan dengan antibiotik dosis tinggi.
Gambar Helicobacter Pylori:

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar