Waspada, Kebihan Vitamin A dapat Menimbulkan Penyakit.

Bookmark and Share
Vitamin sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Apalagi vitamin A yang notabene sangat baik untuk kesehatan mata dan kesehatan jaringan tubuh. Tetapi, dalam mengkonsumsi vitamin, kita harus tepat dan seseuai dengan aturan, jika kita mengkonsumsinya berlebihan, justru akan mengundang penyakit ke tubuh anda. Kelebihan vitamin biasanya mempengaruhi organ pencernaan.
Pengkonsumsian vitamin A harus diperhatikan, terutama untuk wanita hamil dan anak-anak. Kadar vitamin A yang berlebihan dalam tubuh akan menimbulkan racun dan menyebabkan gejala-gejala pada tubuh seperti, mual, kepala pening, kulit kering, telapak tangan dan kaki menjadi kuning serta nyeri sendi.
Khusus untuk wanita hamil, kelebihan vitamin A akan menyebabkan kelainan pada janin. Hal ini dinamakan hypervitaminosis A.
Sebenarnya kebutuhan tubuh akan vitamin A berkisar antara 4.000-5.000IU. Sayur-sayuran dan buah seperti wortel, pepaya, bayam serta sayur dan buah yang berwarna kuning dan jingga merupakan buah serta sayuran yang kaya vitamin A. Dalam mengkonsumsinya  kita harus sesuai dengan aturan dan secukupnya saja. Untuk menghilangkan gejala itu, tidak ada penanganan atau obat khusus. Pasien cukup menghentikan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A untuk sementara. Sebaiknya kita harus menjalani pola hidup sehat serta makan sesuai pola 4 sehat 5 sempurna.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar